Community Development Worker – Center

Membangun Pertanian Indonesia Untuk Kemakmuran Petani

News Flash

FAO akan selenggarakan Konferensi Pertanian Organik dan Ketahanan Pangan pada awal Mei

Pada tanggal 3-5 Mei 2007 FAO akan menyelenggarakan Konferensi Internasional Pertanian Organik dan Ketahanan Pangan (International Conference on Organic Agriculture and Food Security) di Roma, Italia. Kegiatan yang akan dilanjutkan dengan Sidang ke-33 Komite Keamanan Pangan (33rd Session of the Committee on Food Security) pada tanggal 7-10 Mei 2007 tersebut diselenggarakan bersama International Federation of Organic Agriculture Movements (IFOAM), Rural Advancement Foundation International (RAFI), World Wildlife Fund (WWF), dan Third World Network (TWN).

Pesertanya terbuka bagi semua pihak yang berkepentingan, termasuk pemerintah, akademisi, masyarakat sipil dan swasta di bidang pertanian organik dan keamanan pangan.

Konferensi tersebut bertujuan untuk menjelaskan kontribusi pertanian organik pada ketahanan pangan, melalui analisa informasi pada area agroekologi yang berbeda di seluruh dunia. Konferensi ini akan mengidentifikasi potensi pertanian organik dan kemampuannya dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan, termasuk upaya untuk keberhasilannya.

Penjelasan tentang kontribusi pertanian organik pada ketahanan pangan sangat diperlukan, sehingga FAO ingin menyediakan informasi secara objektif kepada negara anggotanya, di antaranya melalui konferensi tersebut.

Perkembangan hingga saat ini memperlihatkan pesatnya pertumbuhan penduduk, peningkatan kebutuhan pangan, bertambahnya tekanan pada lingkungan, peningkatan kelaparan dan kemiskinan yang telah menuntut adanya kebutuhan akan pengembangan produksi dan sistem pemasaran pertanian.

Selama ini wilayah yang cukup luas memproduksi pangan, sebagian besar adalah di negara berkembang seperti di Afrika dan terdiri dari petani kecil dan menggantungkan pertaniannya pada curah hujan, dan beberapa diantaranya mengakses kredit dan pasar yang terbatas. Sistem konvensional juga sering berkaitan dengan tingginya biaya lingkungan dan ketergantungan pada suplai masukan bahan tambahan.

Sementara itu ada klaim bahwa pertanian organik memiliki biaya yang rendah, menggunakan material lokal dan teknologi alternatif yang ramah lingkungan serta merupakan solusi bagi masalah keamanan pangan. Studi lain juga mengklaim bahwa pertanian organik dalam skala luas tidak hanya menyuplai pangan dunia, tetapi juga bisa menjadi cara untuk pemberantasan kelaparan, terutama di wilayah miskin, kekeringan dan daerah terpencil. Analisa pertanian organik juga menunjukkan adanya pasar alternatif potensial yang menyediakan pilihan dan kedaulatan pangan.

Namun di pihak lain juga ada klaim bahwa managemen organik tidak efisien, memerlukan metode pertanian yang lebih rumit, terutama bila dipraktikkan di lahan yang miskin hara dan sulit pemasarannya.

Penentang pertanian organik juga menyatakan organik tidak ramah lingkungan seperti merusak hutan alami dan transportasi serta distribusi yang tidak efisien dalam menghasilkan makanan dan emisi karbon.

Bagaimanapun faktanya, pangan organik tumbuh dengan cepat di sektor pangan. Dimana pemasarannya mencapai US$ 30 milyar pada tahun 2005 dan setiap tahun tumbuh 15%. Sektor ini juga terus menarik perhatian pemerintah, pelaku agribisnis, petani, dan konsumen, ketika dampaknya kurang dipahami.

Kurangnya data secara global yang dapat dipercaya, analisa sitematis, perbedaan pendapat tentang kontribusi sistem pangan organik pada ketahanan pangan, menjadi bahan perdebatan di antara komunitas ilmuwan dan di dalam tubuh FAO sendiri.

Sehingga ada kebutuhan mendesak untuk lebih memahami apa dan bagaimana model organik dalam perbedaan sosio-ekonomi dan biofisika yang memaksimalkan pengetahuan petani, tenaga kerja dan modal, terutama di wilayah miskin dan termaljinalkan dimana masyarakatnya bermasalah dalam ketahanan pangan.

Informasi lebih jelas: International Conference on Organic Agriculture and Food Security May 2007

3 thoughts on “News Flash

  1. Dear Sir/Madam,

    I am interested to get teh Proceeding of The International Conference on Organic Agriculture and Food Security May 2007. How is the requirement to get the eproceeding of this Conference

  2. you can get Proceeding of The International Conference on Organic Agriculture and Food Security May 2007, in balitbang Deptan RI

    yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s